Minggu, 08 Mei 2011

Cerita Hikmah : Toleransi

Assalamu'alaikum....
Sahabat... kali ini penulis datang dengan sebuah cerita yang berkaitan dengan syiar Islam Nabi Muhammad SAW. Perjuangan Nabi dalam menyebarkan Islam sangatlah berat, dan ini adalah salah satu dari banyak cerita tentang perjuangan Nabi dalam mensyiarkan Islam.
Cerita ini dimulai ketika dakwah Rasulullah SAW telah mulai diterima oleh kalangan luas, dan para pemimpin kafir Quraisy semakin terusik dengan dakwah Islam, lalu mereka menawarkan kompromi kepada Rasulullah dengan cara saling membenarkan keyakinan dan ketuhanan yang diyakini oleh masing-masing pihak. Mereka meminta Nabi Muhammad SAW beserta umatnya mengikuti kepercayaan mereka, dan merekapun bersedia mengikuti kepercayaan Islam. Lalu Allah menjawab tawaran kompromi mereka dengan menurunkan surat Al-Kafiru yang menjelaskan tentang makna toleransi sebagai sikap tidak saling mengganggu, bukan sikap saling mengakui kebenaran aqidah yang satu terhadap yang lain.
Jadi, sikap saling menghormati disini adalah dengan tidak mencampuri agamanya dengan agama lain. Dan jangan saling mencaci maki. Islam mengajarkan agar tidak menyerang sebelum diserang. Karena Islam adalah agama yang cinta damai. Inilah sedikit cerita hikmah dari penulis. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Amin ya rabbal 'alamin.
Wassalamu'alaikum...

1 komentar:

  1. kunjungan sob . .
    bagi"motivasi ya sob :)
    "Apa pun yang Anda percaya, dengan keyakinan, akan menjadi kenyataan.Keyakinan Anda sangatlah menentukan kenyataan hidup Anda.
    Ditunggu kunjungan baliknya :)

    BalasHapus